Selasa, 20 November 2012

Honto No Jibun

It's November. And it's raining.

Apa yang lebih membahagiakan dari musim hujan dan gaji yang (mau) naik, eh?
Jangan, jangan nilai isi postingan kali ini bakalan tentang Buono atau Shugo Chara. Aku cuman minjem judulnya aja sih :))

Tapi ini tetep ngga jauh-jauh dari Jepang. Jadi ceritanya, ada nenek tua (iya, nenek dan TUA) bernama Mrs.Yuki. Dari namanya udah jelas dong kalo beliau ini orang Spanyol. Iya kan?

Nah, alkisah Mrs.Yuki ini konon katanya adalah seorang guru bahasa jepang di sekolah internasional di daerah Bintaro. Beliau tipikal wanita tua yang jepang banget deh: sepuh, badan bungkuk banget,berjalan tertatih-tatih, rambut putih, dengan gaya berpakaian khas: topi kupluk, kaos oblong, celana tiga perempat, bersepatu keds, dan tas serut ala ransel. Dia sudah tinggal di indonesia selama 25 tahun, tanpa sanak saudara. Untungnya sudah cukup fasih berbahasa Indonesia.

Dia punya kucing kesayangan bernama Nezu. Si Nezu sendiri adalah kucing lokal a.k.a kucing domestik (atau bahasa awamnya: kucing kampung) berwarna hitam-putih, dengan mata belo dan ekor panjang. Jangan bayangin Nezu adalah kucing gendut lucu yang tampan rupawan. Nezu ini kucing yang kurus, dengan bulu yang rontok dan penuh kutu, tapi matanya memancarkan kebahagiaan yang amat sangat. Karena usut punya usut, Nezu ini sangat setia kepada Mrs.Yuki dan beliau juga sangat mencurahkan kasih sayangnya terhadap Nezu. Pasti kalian semua bertanya-tanya, bagaimana bisa seorang nenek yang sayang banget sama kucingnya, tapi kucingnya bisa kurus dan dekil begitu? Dan sampai sekarang pertanyaan itu tak pernah terjawab...

Ceritanya suatu hari dibulan Juli, Mrs.Yuki datang ke Rumah Sakit membawa Nezu. Katanya sudah beberapa hari Nezu tidak mau makan, terlihat tidak aktif dan diam saja. Setelah kita periksa, poor him, ternyata Nezu mengalami sakit yang namanya Chronic Renal Faliure alias gagal ginjal kronis. Plus bacterial infection yang cukup wah karena nilai WBC nya mencapai 42.000. Kita sudah menyarankan kepada Mrs.Yuki agar Nezu di-opname saja agar perawatan bisa lebih intensif. Tapi beliau tidak mau, katanya kasian Nezu tidak ada yang menemani. Dan beliau juga merasa kesepian dirumah bila tidak ada Nezu.

Okelah, akhirnya si Nezu rawat jalan. Jadi tiap hari Mrs.Yuki datang, Nezu di infus dan disuntik, dan Mrs.Yuki menunggui sampai infus Nezu habis. Sambil terkantuk-kantuk. Sambil membaca semacam kumpulan syair jepang berhuruf kanji. Begitu seterusnya setiap hari selama hampir 2 minggu. FYI aja, Mrs.Yuki pulang-pergi rumah sakit dengan naik taxi. Ragunan-Bintaro. Jangan tanya beliau sudah habis berapa duit deh. Beliau memang (maaf) tampak lusuh sekali. Tapi selalu ada lembaran seratus ribuan dari dompetnya (bukan dompet sih, tapi amplop lusuh berhuruf kanji, kayak tempat angpao gitu. Jepang banget deh pokoknnya). Uang bukan masalah sepertinya, yang penting Nezu sehat.

Kadang kalau lagi ngga sibuk, aku suka mengajak Mrs.Yuki ngobrol. Agak sulit berkomunikasi dengan beliau. Okelah dia bisa bahasa indonesia, tapi sepertinya beliau susah memahami bahasaku, apalagi saat ngejelasin tentang penyakitnya Nezu. Kacau deh pokoknya. Tiap kali aku ngejelasin sesuatu, beliau manggut-manggut dan bilang "Honto ne?". Agak susah menyampaikan ke Mrs.Yuki kalau penyakitnya Nezu ini kemungkinan sembuhnya kecil. Malah beliau pernah memaki-maki dalam bahasa jepang gara-gara kita bilang Nezu bisa aja mati sewaktu-waktu. Tapi secara medis itu emang bener kok :|

Mrs.Yuki cerita, dia bulan September akan pulang ke Tokyo. Nezu harus sembuh, Nezu ingin dia bawa, katanya. Dia bahkan menanyakan persyaratan pengiriman hewan ke jepang. Niat banget deh pokoknya. Sayangnya hal itu hampir tidak mungkin karena Nezu samasekali tidak sehat, dan yang jelas tidak cukup kuat untuk bisa di vaksin. Vaksinasi kan salah satu syarat kirim-kiriman hewan. Tapi lagi-lagi Mrs.Yuki ini ngga ngerti tentang penjelasan kami. Ah...sedih deh pokoknya...

Juli berlalu. Agustus Nezu sudah tidak rawat jalan lagi karena kondisinya sedikit membaik. Lama sudah Mrs.Yuki tidak pernah lagi datang ke Rumah Sakit. Sampai suatu hari di bulan November...

Datang seorang wanita Jepang setengah baya, ingin memeriksakan kucing bernama Nezu. Aku tengok kandang kucingnya, oooh ini mah Nezu-nya Mrs.Yuki. Kami tanyakan kok yang bawa bukan Mrs.Yuki?
Ternyata Mrs.Yuki sudah pulang ke jepang sodara-sodara sekalian...dan Nezu tidak dibawa karena tidak memenuhi syarat, padahal Mrs.Yuki sangat sangat ingin membawa Nezu. Jadi ceritanya Nezu dititipkan ke wanita ini (yang katanya adalah teman gerejanya). Sayangnya sepertinya wanita jepang yang ini tidak memelihara Nezu sebaik Mrs.Yuki, karena Nezu datang dengan kondisi yang amat sangat dekil, lusuh, tergeletak tak berdaya, dan jelas sekali diwajahnya tampak kesedihan.

Akhirnya kami sarankan Nezu untuk opname saja, lalu wanita ini menyetujui. Tapi ohlalala...dia mengeluhkan biaya opname yang mahal :( padahal sih biaya opnamenya ya emang segitu, bukannya mahal loh ya, tapi emang biaya opname hewan tuh ya segitu. Mungkin ibu ini belom pernah dateng ke dokter hewan aja kali, jadinya ngga tau pasaran harga :)) Mungkin kalau wanita ini tau berapa rupiah yang sudah dihabiskan Mrs.Yuki waktu berobat-jalan si Nezu...bisa-bisa dia ngga mau dititipin :))

Namun apa daya, baru dua hari opname, akhirnya Nezu tidak bisa bertahan. Kondisi Nezu saat itu sungguh memprihatinkan, aku jujur aja sampe sedih banget, ingat gimana dulu Mrs.Yuki setia nungguin Nezu sampe infusnya habis, Mrs.Yuki yang suka nyium-nyium Nezu padahal dia kan dekil :) Kalau Mrs.Yuki melihat kondisi Nezu saat itu, dia pasti marah, sedih, kecewa menitipkan Nezu dengan orang yang tidak tepat...
Mungkin sakitnya Nezu juga diperburuk dengan perpisahannya dengan Mrs.Yuki. Mungkin Nezu bertanya-tanya, kemana Mrs.Yuki yang selama ini selalu menyayanginya... Mata nezu tampak kosong, tampak sedih sekali, sangat jauh berbeda waktu dulu dia sakit, tapi Mrs.Yuki dengan sabar memangkunya, menungguinya sampai infusnya habis...

Jadi itulah sepenggal kisah tentang Mrs.Yuki dan Nezu si kucing dekil. Kucing dekil yang sangat beruntung karena pernah mendapatkan kasih sayang yang luar biasa dari seorang nenek tua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar